Mimisan

by prajuritkecil99
Pernah nggak pas lagi asik tidur – pakai mimpi indah juga, trus tiba-tiba terbangun karena merasakan ada cairan yang keluar dari lubang hidung dan pas dikucek-kucek ternyata bukan ingus melainkan darah?!

Itulah yang dinamakan mimisan. Yakni keluarnya darah dari lubang hidung yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di lubang hidung bagian depan. Biasanya sih darah keluar dari satu lubang hidung saja. Mengenai penyebabnya secara umum bisa karena pas buang ingus atau batuk terlalu keras, alergi, udara sangat dingin atau kering, pukulan di daerah hidung, bisa juga karena terluka saat ngupil.

Dulu sewaktu masih bertugas di Barabai entah mengapa saat malam hari saya lumayan sering mengalami mimisan. Mungkin karena sering bergadang dan pola makan yang tidak teratur sehingga daya tahan tubuh lemah, atau mungkin karena hal lain. Allahu A'lam. Yang jelas setelah saya mencoba terapi SEFT berdasarkan rekomendasi sahabat saya – Pakdhe Heri Cahyo, alhamdulillah berkat ridhaNya seiring bergulirnya waktu saya sudah sangat jarang bahkan tidak pernah lagi mengalami mimisan. Hingga kemarin, setelah sekian lama berlalu akhirnya saya kembali mengalaminya. Mungkin karena akhir-akhir ini saya kurang tidur dan terlalu berfikir keras. Beruntung mimisannya cuma sedikit dan sebentar saja.

Jaman dulu sewaktu masih kecil dan belum mengenal internet, kalau mimisan biasanya sama ibu dikasih daun sirih yang dilinting trus ditutupin ke lubang hidung yang mimisan. Cara yang sangat sederhana namun cukup ampuh. Sekarang, di jaman teknologi informasi yang sudah berkembang sangat pesat ini hampir semua informasi tersedia di internet. Dan saya pun mencoba minta bantuan sama Mbah Google untuk search tentang mimisan. Sebenarnya ini bukan kali pertama saya search tentang mimisan. Tapi baru kali ini saya mendapatkan informasi yang belum pernah saya ketahui sebelumnya.

Untuk obat alami mimisan ternyata bisa menggunakan ramuan dari bahan-bahan yang mungkin selama ini tidak pernah kita anggap.

Ramuan pertamax → kulit ari kacang tanah

caranya:

Siapin kulit ari kacang tanah sekira 25 gram. Cuci sampai bersih. Rebus dalam 400 cc air hingga rebusan tinggal separohnya. Saring. Minum selagi hangat. Lakukan 2x dalam sehari, pagi dan sore.

Ramuan keduax → rambut jagung

caranya:

Siapin rambut jagung sekira 50 gram. Cuci sampai bersih. Rebus dalam 400 cc air hingga rebusan tinggal separohnya. Saring. Minum selagi hangat. Lakukan 2x dalam sehari, pagi dan sore.

Eh sama yaa berarti caranya. Beda bahannya aja ternyata. :D

Tapi sama sekali nggak mengira loh! Kulit ari kacang dan rambut jagung yang umumnya dianggap sebagai 'sampah' ternyata bisa bermanfaat juga.

Saya belum mempraktikkannya sih. Entah manjur entah tidak. Tapi sebagai seorang muslim, saya sangat percaya bahwa Tuhan tidak menciptakan sesuatu dengan sia-sia. Selalu ada maksud dan tujuan dari setiap penciptaanNya. Kita saja sebagai seorang hamba yang masih sangat dangkal ilmu yang dimilikinya.

Alhamdulillah yaa..

^-^


Emoticon Mimisan
ilustrasi mimisan
sumber gambar dari blogging.co.id
monggo dishare ^-^
 
Copyright © 2014 - prajuritkecil99™ - Powered by Blogger
Template by Creating Website - Published by Mas Template