Wangi Segar Si Kayu Manis

by prajuritkecil99 ™
Yuhuuu.. assalamualaikum.. 😇

Bro-Sis, pernah tau nggak mahluk ini namanya apa?


Kayu Manis
gambar nyulik dari Mbah Google


Yang sering dolan ke dapur pasti tau donk.

Yaps. Itu kayu manis. Termasuk dalam kategori rempah-rempah yang diperoleh dari kulit bagian dalam pohon yang dikenal sebagai Cinnamomum. Nama latinnya Cinnamomum zeylanicum atau yang dalam bahasa Inggris dinamai cinnamon. Aromanya wangi segar, manis dan sedikit pedas. Mirip saya lah pokoknya. 😎 *hellooo

Menurut penuturan Mbah Google kayu manis aslinya dari Sri Lanka kemudian dibawa masuk ke daratan Cina pada tahun jauuuuuh banget sebelum saya lahir, hingga akhirnya tersebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia tercinta.

Konon selain berfungsi sebagai rempah-rempah untuk penyedap masakan, kayu manis ini juga memiliki khasiat medis yang bisa dibilang WOW! Masih berdasarkan penuturan si Mbah yang telah menyarikan beberapa referensi yang ada, khasiat kayu manis yang WOW itu antara lain mencegah dan melawan penyakit diabetes; memelihara kesehatan organ jantung; mencegah alzheimer (alzheimer ini bukan sodaranya si al yang artis itu yaa!); mencegah kanker; meringankan nyeri saat haid (buat para lelaki ini info penting nih untuk pasangannya); melumpuhkan bakteri dan jamur; menyehatkan pencernaan; dll; dsb. Kalau pengin tau mengapa bisa begitu dan info detail lainnya sila bertanya langsung sama si Mbah aja yaa!

Karena kali ini saya pengin ngulik sedikit tentang kayu manis ini dari sisi yang lainnya.

Yoi..

Selain untuk penyedap masakan dan berkhasiat bagi kesehatan, kayu manis juga berfungsi sebagai pengharum alami ruangan. Inipun saya taunya juga dari si Mbah. *si Mbah hebat banget euy!

Jadi ternyata kayu manis ini bisa digunakan untuk menetralisir bau tak sedap sekaligus memberikan aroma wangi dan segar pada ruangan. Misalnya pas abis masak nih. Terutama yang dapurnya mini seperti yang ada di kosan saya. Biasanya kan bau minyak, bau asap, bau gas, bau ketek dan bau tak sedap lainnya. Bisa sih dinetralisir pakai pengharum ruangan semprot yang banyak dijual di toko-toko. Tapi kadang baunya bikin pusing. Entah mengapa kalau mencium bebauan seperti asap (kecuali asap bakaran sate), bensin dan pengharum ruangan semprot saya langsung merasa pusing. Terutama kepala sebelah kiri belakang langsung seperti ditusuk-tusuk pakai benda tajam. Makanya daripada menggunakan pengharum ruangan semprot saya lebih suka pakai pengharum dari kayu manis.

Caranya cukup gampang koq. Beberapa batang kayu manis dan irisan buah lemon direbus dalam panci yang sudah diisi air secukupnya. Pakai api kecil saja. Tapi tetep di kompor, jangan pakai lilin! 😝

Biarkan mendidih. Uap dari rebusan kayu manis bercampur lemon akan memenuhi ruangan dan langsung menghilangkan bebauan tak sedap sekaligus memberikan sensasi wangi segar. Rebus terus sampai air menyusut trus matikan apinya. Tapi jangan sampai bener-bener abis airnya. Nanti pancinya bisa gosong!

Kalau cuma pengin mengharumkan ruangan dapur biarin aja rebusan tetep di dalam panci sampai dingin. Kalau pengin mengharumkan ruangan yang lain, sisa air rebusan tadi bisa dipindahkan ke dalam wadah tahan panas trus taruh di ruangan itu. Bisa di dekat jendela yang jadi tempat sirkulasi udara atau di bawah AC.

Cuma begitu aja sih. Simpel kan?! *hadeeeuuh, udah jadi mirip emak-emak aja nih saya.. 😂😂

Ok lanjut..

Naah, selain sebagai penghilang bau tak sedap sekaligus pengharum ruangan, ada manfaat lain dari kayu manis yang saya suka. Yakni buat dicampur dengan kopi. Bisa berupa bubuk yang disangrai bersamaan dengan biji kopi atau masih berupa batangan yang bisa dicelup-celupin dan buat aduk-aduk kopi yang mau diminum. Aroma dan rasa kopinya jadi wangi dan seger-seger gimanaa gitu.


Cinnamon Coffee
ilustrasi kopi campur kayu manis - gambar milik rumahkopi.com


Tertarik untuk mencoba?!
monggo dishare ^-^
 
Copyright © 2014 - prajuritkecil99™ - Powered by Blogger
Template by Creating Website - Published by Mas Template