More Things To Do

by prajuritkecil99
Sebagai orang awam dan biasa-biasa saja, memang saya tidak bisa berbuat banyak melakukan sesuatu bahkan sekedar memberikan saran dan solusi untuk perbaikan ekonomi di negeri tercinta ini yang pertumbuhannya sedang mengalami perlambatan bahkan sudah menjurus kepada krisis ekonomi. Saya sangat sepakat agar urusan itu diserahkan saja kepada ahlinya. Biarlah mereka fokus bekerja untuk bisa mengatasi masalah perlambatan ekonomi dan melemahnya nilai tukar rupiah yang terjadi saat ini. Kalau itu diserahkan kepada orang-orang awam seperti saya maka tunggulah kehancurannya! :p

Tapi meski hanya sebagai orang awam dan biasa-biasa saja, bukan berarti kita hanya berdiam diri tanpa melakukan apapun. Setidaknya kita bantu doa supaya permasalahan negeri ini bisa cepat teratasi. Kiranya hal itu lebih elok ketimbang cuma memaki tanpa memberikan solusi. Selain itu pasti ada something what to do ketika rupiah lemah syahwat seperti saat ini. Setidaknya kita lakukan sesuatu itu untuk diri sendiri dan keluarga. Apalagi untuk pegawai biasa yang berpenghasilan tetap seperti saya. Tidak ada alasan untuk tidak waspada dan tidak melakukan usaha apapun semampu yang kita bisa. Karena benar seperti yang dikatakan oleh seseorang yang selama ini cukup menginspirasi saya – Muhaimin Iqbal, sesiapa yang berpenghasilan tetap saat ini sebenarnya terkena pukulan dua kali sekaligus. Pertama, daya beli yang menurun terhadap pemenuhuan kebutuhan konsumsi. Kedua, sebagian besar aset yang berdenominasi rupiah seperti dana pensiun, asuransi, tabungan, deposito dan sejenisnya sudah pasti nilai riilnya terus menurun.

Ada beberapa solusi yang ditawarkan oleh beliau. Solusi sementara adalah dengan cara mengalihkan dana yang sifatnya jangka panjang untuk dikonversi ke dalam bentuk aset riil. Misalnya dengan mengalihkan tabungan atau deposito kita untuk dibelikan tanah dan bangunan. Jika nominal tabungan atau depositonya tidak seberapa (seperti yang saya punya x_x) bisa dibelikan emas batangan atau koin dinar. Mumpung harga emas turun. Atau bisa juga tetap berupa tabungan tapi berbasis emas. Jadi judulnya tabungan emas. Bisa berupa tabungan emas Pegadaian atau tabungan emas M-Dinar. Mau yang lebih unik lagi nabung domba juga oke.

Kemudian solusi berikutnya yang lebih permanen dan menuntut kerja ekstra tapi insya Allah bisa memberikan hasil terbaik untuk keberlanjutan dalam jangka panjang yaitu dengan cara merintis jalan untuk berpindah dari kwadran berpenghasilan tetap ke kwadran berpenghasilan tidak tetap. Berwirausaha! Ini yang sampai sekarang saya belum bisa lakukan. Saya masih terlalu pengecut untuk mau keluar dari zona nyaman yang saya tempati saat ini. Padahal sudah tau kalau zona nyamannya itu tidak aman. Maka tak heran jika sampai sekarang saya tetap menjadi kacung yang bekerja untuk juragan. Dan juragan itu bisa memecat saya kapanpun dia mau.

From the deepest of my heart (sesekali sok Inggris rapopo toh ben matching karo judule sing nganggo English?! :p) terus terang saya menyimpan keinginan untuk suatu saat bisa berpindah kwadran. Bukan bermaksud untuk mengeluh tapi jujur saja menjadi kacung itu tidak enak. Harus mau disuruh-suruh. Musti siap untuk dipindahtugaskan ke mana saja sesuai perintah juragan. Jadinya dalam 1x24 jam waktu kita lebih banyak tersita untuk bekerja pada juragan. Belum lagi kalau harus berjauhan dengan keluarga. Sekali lagi bukan bermaksud untuk mengeluh karena semua itu adalah bagian dari risiko atas suatu pilihan yang telah saya tentukan. Dan saya tetap bersyukur dengan pekerjaan yang saya miliki. Semoga saja itu bisa menjadi motivasi bagi diri saya untuk lebih berani meninggalkan zona nyaman yang saya tempati saat ini.

Tapi tentu saja semuanya tidak cukup dengan hanya sekedar motivasi. Musti ada aksi nyata demi terwujudnya keinginan itu. Untuk bisa menjadi wirausaha, selain perlu konsep usaha yang jelas tentu butuh yang namanya modal. Baik itu modal ilmu, networking dan terlebih lagi uang. Tak salah memang jika ada yang mengatakan bahwa uang itu bukanlah modal yang utama. Tapi bagaimanapun uang sangat diperlukan terutama untuk menunjang stabilitas usaha atau bisnis yang baru dirintis. Karena penghasilannya kan tidak tetap dan tidak pasti. Di awal-awal tentu tidak selalu berjalan mulus. Kalau nggak ada uang kita akan mengalami kesulitan untuk menghidupi keluarga.

Aksi nyata yang bagaimana yang bisa kita lakukan?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Insya Allah dalam waktu dekat akan saya sharing di postingan selanjutnya. Saat ini di tempat kerja sudah mulai berdatangan beberapa tamu yang harus dilayani oleh rekan-rekan frontliner. Itu berarti tandanya saya juga harus bersiap-siap untuk bekerja lagi. Supaya tidak dipecat oleh juragan. :D



Pindah Kwadran
ilustrasi leap cross
sumber gambar dari bisnisnesia
monggo dishare ^-^
 
Copyright © 2014 - prajuritkecil99™ - Powered by Blogger
Template by Creating Website - Published by Mas Template