Potret Suka-Suka

by prajuritkecil99
Enam-tujuh tahun yang lalu, banyak kawan saya yang menekuni hobi fotografi. Kini tak sedikit dari mereka telah menjadi fotografer pro,- mulai dari membuka jasa foto prewed sampai menjadi kontributor untuk keperluan publikasi pada kantor pusat di instansi pemerintah.

Dulu saya sama sekali tidak tertarik dengan fotografi. Tapi sekarang, di saat beberapa kawan sudah bosan dan beralih ke hobi lain yang lebih keren,- barulah saya mulai menyukainya. Mungkin ini menjadi penegasan 'disorientasi selera' diri saya, atau dengan kata lain: saya memang kudet! 😆

Maka jadilah saya sekarang sering cekrak cekrek. Ada pohon mangga yang lagi berbuah, cekrek. Ada langit biru yang cerah ceria, cekrek. Apa aja deh. Bahkan kalau mau makan atau minum harus dicekrek dulu berkali-kali biar dapat foto sesuai yang diinginkan. Makanan atau minumannya sampai dingin ternyata masih belum dapat juga foto yang bagus. Sering khilaf. Nunggu dijewer istri dulu baru brenti cekrak cekreknya. Eh, nggak dijewer ding. Dilempar pakai wajan. Hehe.. 😛


Potret Suka-suka
Blue Marisa


Untuk menambah ilmu, saya pun bergabung dengan grup-grup yang terkait fotografi. Khususnya fotografi ponsel. Karena saya cekrak cekreknya cuma pakai kamera HP.

Dari sekian grup yang saya ikuti, ada satu grup yang (menurut saya) cukup unik. Selain karena tiap pekannya ditentukan tema foto apa yang harus diposting, juga karena anggotanya yang mayoritas emak-emak. Jika selama ini emak-emak selalu identik dengan penguasa jalanan,- yang mana sering pasang lampu sign tapi nggak belok-belok atau lampu sign-nya ke kanan tapi beloknya malah ke kiri, di grup tersebut emak-emaknya pada jago fotografi. Saya pernah kepoin akun admin grup tersebut dan beberapa anggota yang postingnya public shared. Koleksi fotonya beneran bagus-bagus. Mereka juga tidak pelit ilmu. Tidak seperti di grup lain yang meskipun fotonya bagus-bagus tapi agak pelit ilmu dan lebih seperti ajang pamer foto ketimbang belajar ilmu fotografi. 😱

Dari grup ini,- grup yang isinya kebanyakan emak-emak ini saya jadi tau beberapa istilah teknik fotografi seperti high key, low key, flat lay, framing, dlsb.

Ngemeng-ngemeng soal kamera HP, selama ini saya cekrak cekrek cuma pakai K-Touch W700. HP jadoel. Karena spesifikasinya yang standar dan kapasitas RAM yang terbatas jadinya tidak bisa diinstal aplikasi macam-macam. Hasil foto dari HP saya copy ke laptop atau komputer trus saya edit pakai aplikasi online semacam Pixlr atau Paint.Net biar kelihatan lebih bagus. Sengaja saya pilih aplikasi edit foto online karena saya tidak ahli edit foto, jadi tinggal pilih filter mana yang menurut saya bagus langsung dipakai. Sering juga terlalu over filter jadinya malah kelihatan norak. 😔

Kalau pas di rumah, bisa pinjam HP tuan putri. Xiaomi Redmi 3. Hasil fotonya jauh lebih jernih dibandingkan si 'Katak' milik saya, yang entah karena habis jatuh dari motor waktu lalu atau entah karena apa tampilan layarnya jadi tambah aneh. Muncul garis-garis putih dan kalau dicharge jadi sering error.


K-Touch W700
si 'Katak'


Tapi alhamdulillah sekarang sudah dapat otorisasi dari 'bu menteri keuangan' untuk beli HP baru. Jadi semangat untuk cekrak cekrek lagi. Mudahan saja nanti tidak khilaf supaya HP-nya tidak disita. 😅

Lantas ada yang bilang gini: buat apa hobi fotografi kalau setelah moto dan diupload, sudah,- tidak menghasilkan apa-apa.

Well.. saya cuma senyum. Mungkin dia tidak sadar,- bahwa tak sedikit fotografer pro yang awal mulanya cuma dari cekrak cekrek biasa. Mungkin dia tidak sadar,- bahwa dengan berbagi ilmu, meski itu hanya ilmu teknik fotografi standar bisa menambah pengetahuan lain yang selama ini belum diketahui. Atau mungkin dia benar-benar tidak sadar,- bahwa dengan bergabung dalam suatu komunitas itu kita bukan sekadar numpang eksis tapi juga berbagi ilmu dan menjalin silaturahim. Khusus poin ini, saya selalu percaya, berkahnya sungguh luar biasa!

Tapi apalah saya ini,- hanya remah rengginang yang telah bercampur dengan butiran debu. Jadinya cuma bisa senyum, dan bilang: "Namanya juga potret suka-suka, Bro.." 😛
monggo dishare ^-^
 
Copyright © 2014 - prajuritkecil99™ - Powered by Blogger
Template by Creating Website - Published by Mas Template